YAMAHA SIAPKAN NEW YZF-R3 DENGAN TIGA SILINDER?

Kabar terbaru merebak tentang rencana Yamaha mengeluarkan model terbaru dari YRZF-R3. Rumor yang dibarengi dengan Render penampakan terbaru tersebut menyebutkan bahwa R3 terbaru akan menggunakan mesin tiga silinder. Bukan hanya itu, rumor tersebut juga menyebutkan bahwa mesin tiga silinder tersebut berkonsep Crossplane.

Apakah mungkin? Jika melihat dari penjualan yang semakin merosot, mau gag mau Yamaha harus Refreshing Model terhadap Premium Bike di kelas Entry-nya. Walau bicara soal tenaga, baik R25 maupun kelas Export-nya (R3), tidak kalah total dengan kompetitor lainnya. Masalah utamanya adalah Design yang kurang menawan. Lalu kenapa harus ganti mesin baru?

Mungkin jika targetnya menguasai penjualan secara total, mesin baru menjadi magis tersendiri. Secara pertimbangan teknologi tiga silinder sudah pasti mewah dan canggih. Namun secara pertimbangan kelayakan Engineering, bisa atau tidak? Seperti apa kelebihan dari Crossplane dibanding dengan Flatplane? [Baca disini]

Jika melihat kapasitas mesin 321cc, berarti setiap silindernya berkapasitas 107cc. Jika melihat kapasitas motor sepuluh tahun silam, masih banyak yang menggunakan 100-110cc. Artinya model piston dan data ujinya sudah eksis, jadi jika harus produksi tidak terlalu lama meriset.

Bicara Crossplane? Design tiga silinder sudah pasti berkonsep Crossplane, yaitu dengan tiga sudut posisi Crankshaft, atau sekitar 120 derajat. Keuntungannya motor ini mendapatkan tenaga tambahan dengan getaran yang lebih minim. Sudah pasti jika New R3 lahir, akan jadi motor paling tercepat dikelasnya.

Apa saja kelebihan dari masing-masing tipe mesin tersebut? Baca selengkapnya disini:

[PERBANDINGAN KEKUATAN CROSSPLANE DENGAN FLATPLANE]

[PERBANDINGAN KEKUATAN CROSSPLANE 4-SILINDER DENGAN 3-SILINDER]

Pada gambar menunjukkan penggunaan Chassis baru. Rangka yang digunakan adalah Alumunium Die Cast Frame, seperti pada rangka MT-09. Jika menggunakan rangka ini, dijamin bisa melewati kompetitor barunya untuk soal Maneuver Balance. Jika semua ini terlahir pada New YZF-R3, maka akan menjadi penguasa dikelasnya, bahkan bisa bertahan hingga sepuluh tahun ke depan.

Lalu apa mungkin bisa diterapkan pada R25, atau versi lokal kita? Kembali lagi bicara kapasitas mesin alias CC dan harga jual. Ingat, beda 25cc saja, R15 dan R125 beda spesifikasi. Apakah mungkin akan ada perbedaan untuk R25 dan R3?

Advertisements

3 Comments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s