APA SAJA MANFAAT BERORGANISASI?

Di era kebebasan berorganisasi semakin banyak organisasi yang tumbuh dan berkembang, baik organisasi yang menghasilkan uang, organisasi sosial, organisasi komunitas dan organisasi swadaya masyarakat. Mungkin sebagian dari anda sudah berkecimpung dalam sebuah wadah organisasi seperti komunitas motor, komunitas mobil, komunitas fotografi atau komunitas hobi lainnya.

Komunitas berbasis minat atau hobi ini biasanya memiliki visi dan keinginan yang hampir sama, biasanya tersegmen pada satu varian atau minat dengan ruang lingkup yang tidak jauh beda. Namun apakah anda sudah tahu tujuan dan keuntungan berorganisasi? Atau anda hanya ikut-ikutan trend saja?

Teamwork

Berikut beberapa manfaat ikut berorganisasi:

  1. TEAMWORK

Organisasi adalah kesatuan dari berbagai orang yang bekerja untuk satu tujuan tertentu.

  1. SIKAP MENTAL POSITIF

Berorganisasi bikin kita sadar akan pentingnya sikap mental yang positif dengan segala tanggung jawab di organisasi, kita dilatih disiplin, jujur, berpikiran kritis, dan kita juga terlatih untuk berani mengambil sebuah keputusan.

how-to-develop-positive-mental-attitude

  1. BERDISKUSI DAN BERBEDA PENDAPAT

Karena di organisasi kita bekerjasama dengan banyak orang yang karakternya berbeda-beda, kita dituntut untuk menghargai perbedaan dan mau mendengar pendapat orang lain, dan kita dituntut untuk berani mengeluarkan pendapat lewat diskusi dalam rapat.

Apple-Directors-to-Discuss-Filling-Eric-Schmidt-s-Chair-2

Aktif berorganisasi mengajarkan kita bertindak sesuai prosedur dalam manajemen organisasi.

  1. JABATAN: PENGURUS

Apakah itu Ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, seksi humas atau jabatan apapun. Pengurus organisasi adalah orang-orang terpilih.

Jalani peran dan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh. Anggota sudah percaya bahwa kita mampu, kita harus bisa membuktikannya. Adalah tugas pengurus β€œTo keep the organization alive”. Rajin-rajin bikin kegiatan atau acara yang seru. Untuk menambah semangat anggota dan mempersolid organisasi. Jaga sikap karena kita membawa nama baik organisasi. Kita juga harus bisa jadi teladan untuk para anggota.

Watch Out! Nggak gampang lho menjadi pengurus yang berdedikasi:

Betapa pun positifnya berorganisasi, kewajiban utama kita adalah bekerja memenuhi kebutuhan hidup. Watch out, jangan sampe organisasi mengorbankan kewajiban pokok kita. Kalo kita merasa kewalahan, sebaiknya delegasikan sebagian tugas kita kepada anggota lain atau junior-junior.Sering menghabiskan waktu dengan sesama pengurus bisa menimbulkan kesan kita nggak mau bergaul dengan orang lain. Hal seperti ini harus dihindari. Kalo gap antara pengurus dan anggota terlalu lebar, kita akan dicap geng ekslusif yang nggak membaur.

management-team

  1. JABATAN: ANGGOTA

Kalo kita sudah terdaftar jadi anggota suatu organisasi, jadilah anggota yang aktif.

Selalu hadir dalam setiap undangan rapat dan aktif berpendapat dalam rapat tersebut. Siapkan ide banyak-banyak sebelum rapat dimulai. Kerjakan setiap tugas yang diberikan kepada kita dengan maksimal. Bahkan melebihi ekspektasi organisasi. Setiap habis rapat ataupun kumpul. Jangan langsung cabut atau pulang. Sediakan waktu untuk ngobrol-ngobrol dengan sesama anggota atau pengurus.Tunjukan dedikasi kita dengan sering memberikan usulan (kritik dan saran) yang bisa memajukan organisasi.

26-1380570468

Watch Out! Tantangan menjadi anggota organisasi:

Sebelum mutusin untuk masuk sebuah organisasi, kenali dulu baik-baik organisasi tersebut. Jangan memaksakan diri untuk masuk kalo nggak sesuai dengan kesukaan. Supaya maksimal berorganisasi sekaligus sukses belajar, harus bisa bagi waktu dengan baik. Sebuah kelompok dengan macam-macam karakter dan kepribadian pasti ada aja konfliknya. Jangan sampe terpengaruh kalo ada isu-isu yang memecah organisasi.

Semoga sedikit hal ini bisa menjadi kajian anda dalam berorganisasi.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s