AKSELERASI ALL NEW YAMAHA YZF-R15 DARI 0 KE 160 KM/H HANYA 9 DETIK

Mungkin sudah bosan melihat saya menulis tentang All New Yamaha YZF-R15. Mukai dari Launching dan Test Ride di Sentul sudah saya tulis. Kali ini saya menjajal motor primadona ini di atas mesin Dyno Test.

Kondusi ini saya temukan di Pekan Raya Jakarta, saat Launching All New Yamaha X-Ride 125 jumat kemarin. Saya memang sangat penasaran dengan Top Speed dan akselerasinya di atas mesin Dyno.

 

 

Pada kondisi percobaan pertama, All New Yamaga YZF-R15 ini bisa menempuh Top Speed sampai dengan 160 kM/H. Dari sini terlihat sekali perbedaannya dengan R15 lama yang hanya 147 kM/H. Dan waktu tempuh dari 0 ke 160 kM/H tersebut hanya 9 detik.

Pada percobaan kedua saya mendapatkan waktu sekitar 9 sampai dengan 10 detik. Sayangnya saat buka gas tidak terekam jelas. Namun terlihat hentakan ban saat pertama kali berputar. Artinya kita bisa mulai hitung dari hentakan tersebut.

Perlu diketahui, knalpot yang dihunakan adalah standar bawaan pabrik, serta Setup juga masih standar bawaan pabrik atau tidak ada peningkatan pengaturan CO. Artinya jika menggunakan knalpot Sakura akan ada peningkatan 1 HP. Jadi perkiraan Top Speed di atas Dyno jika menggunakan knalpot Sakura bisa 163 – 165 kM/H.

 

 

Hal ini membuktikan tulisan saya sebelumnya bahwa Top Speed di Sentul bisa mencapai 152 kM/H (Panjang lintasa 1.1 kM), dengan berat badan saya sekitar 79 kg ditambah Racing Suit dan Boots.

YZF-R15 V2 

Dyno: 147 kM/H

Di jalanan: 137 kM/H (kurang lebih)

YZF-R15 V3

Dyno: 160 kM/H

Di jalanan 150 kM/H (kurang lebih)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s