Automotive Event

CBR250RR JUARA DI IRS, APAKAH SEHEBAT PROMOSINYA?

Rivalitas dua raksasa otomotif roda dua bukan hanya terjadi di MotoGP, di dunia balap Nasional juga bersaing panas. Yamaha dan Honda saling berebut ambil tahta kelas 250cc tercepat. Yamaha dengan R25-nya memang kalah segalanya dengan CBR yang disajikan Honda. Teknologi CBR250RR yang tampil ALL OUT disemua lini membuatnya menjadi paling Premium dikelasnya.

Lantas apakah semuanya itu menjadikan CBR meluluhlantakkan R25?

Di atas kertas, ya…. Spesifikasi mentereng dipadu Launching yang gemerlap menunjukkan motor ini memang Raja dikelasnya. Belum lagi Tagline dan promosi yang besar-besaran membuat motor lain kependem. Pokoknya secara keseluruhan motor ini memang juaranya, untuk dimiliki dan digunakan normal.

new-6-1
Seluruh fitur Honda CBR250RR, tapi kenapa bisa Typo ya? Inferted (Tidak), yang benar Inverted

Lalu bagaimana dengan di sirkuit atau dipakai buat balapan?

Sepertinya Honda sangat ketakutan menghadapi R25, hal tersebut ditunjukkan dengan tidak adanya satu pun CBR250RR yang turun disemua kelas pada seri pertama IRS, termasuk komunitas. Hal ini menunjukkan ada sebuah instruksi besar yang melarang semua Team CBR250RR untuk turun arena. Itu asumsi saya, tapi realita dan faktanya kurang lebih seperti itu.

IRS seri 2 menjadi ajang pembuktian sang Raja?

Setelah panas dibicarakan di media, akhirnya CBR250RR turun gunung. Sekali lagi ini instruksi besar yang menyuruh seluruh Team balap-nya turun arena, termasuk kelas komunitas (FDR Championship Sport 250cc). Sekali lagi ini asumsi saya, tapi koq bisa semuanya langsung turun arena?

R25 Spec
Seluruh fitur Yamaha YZF-R25

Pemberitaan dan diikuti konfirmasi bahwa para Team diberikan Support ECU HRC Jepang. Hal ini membuat para Team balap turun arena. Didukung ECU yang mumpuni pastilah punya konfidens tersendiri bagi para Team. Belum lagi Mapping ECU sudah tersedia dan tinggal menyesuaikan.

Dan hasilnya cukup baik, namun tidak sesuai harapan. CBR250RR gagal tampil Superior. Bahkan Podium utama Race 2 digondol Yamaha yang hanya menggunakan ECU Taiwan. Maka naiklah pemberitaan bahwa CBR250RR pakai spesifikasi standar bawaan pabrik. Perlu diingat IRS punya regulasi, dan setiap Team harus tunduk dan memanfaatkan setiap unsur regulasi. Sangat bodoh sekali jika mengikuti kejuaraan kelas Nasional dengan dukungan yang besar namun tidak memanfaatkan unsur regulasi. Dan jika memang seperti itu serta seorang petarung sejati tidak menjadi keputusannya menjadi alasan untuk mengelak.

Jika dikelas utama sulit ditebak karena setiap Team memiliki dana dan dukungan yang besar, bagaimana kalo kita melirik Team dikelas pendukung. Team yang bertarung di ajang Supporting Class adalah Team dari Komunitas. Yang pasti Budget terbatas dan dukungan yang tidak besar.

ITEMS YZF-R25 CBR250RR BENEFITS
KAPASITAS 249.3 cm3 249,7 cm3 Tenaga yang dihasilkan lebih besar
DIAMETER X LANGKAH 60,0 x 44,1 mm 62,0 x 41,4 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI 11,6 : 1 11,5 : 1 Kompresi lebih tinggi
DAYA MAKSIMUM 36,0 hp @ 12000 rpm 38.7 hp @ 12500 rpm Tenaga yang dihasilkan lebih besar
TORSI MAKSIMUM 22.6 Nm @ 10000 rpm 23.3 Nm @ 11000 rpm Tenaga yang dihasilkan lebih besar
P X L X T 2090 X 720 X 1135mm 2060 x 724 x 1098 mm Secara kseluruhan CBR250RR Handling nya lebih baik
JARAK SUMBU RODA 1380mm 1389 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH 160mm 145 mm
TINGGI TEMPAT DUDUK 780mm 790 mm
BERAT ISI 166 kg 165 kg Bobot motor lebih ringan
KAPASITAS TANGKI BENSIN 14 liter 14,5 liter
THROTTLE SYSTEM Kawat konvensional Throttle System Throttle-By-Wire System with Accelerator Position Sensor Kontrol gas lebih canggih dan bisa terintegrasi dengan ECU
ECU Standard With Riding Modes ECU lebih canggih
SUSPENSI DEPAN Konvensional Inverted Fork Lebih stabil
RANGKA Tube Truss Double Tube Truss Lebih stabil dan Rigid

Diajang FDR Championship Sport 250cc ini CBR250RR menguasai Podium pertama. Namun sekali lagi CBR tidak tampil Superior, hanya beda 0,2 dan 0,4 detik dari podium 2 & 3 yang notabene adalah R25. Bahkan Best Time nya dimiliki oleh R25. Dan sekali lagi saya beasumsi bahwa Team ini di Support ECU HRC Jepang.

Justu kelas FDR Championship ini menunjukkan bahwa CBR250RR tidak sehebat promosinya. Kenapa? Lihat saja spesifikasi standar CBR250RR diatas kertas unggul telak dari R25. Perbedaan Power sebesar dua nilai serta ditunjang suspensi yang lebih baik serta Rangka dan Fitur teknologi yang lebih canggih harusnya bisa meninggalkan R25 jauh. Lalu kenapa Best Time-nya bisa kalah? Apakah secara total CBR250RR masih setara atau dibawah R25? Silahkan asumsikan sendiri, karena jika saya berasumsi takut salah di mata anda.

250cc Comm

Note:

Yang dicetak tebal pada tabel spesifikasi adalah lebih baik.

Picture by Ahi Herman, Result Sheet by balapmotor.net

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s