SENSASI PERBEDAAN ALL NEW R15 VS R15 VERSI 2 DI ATAS SIRKUIT SENTUL

Virus R15 sudah menjalar ke semua orang, mulai dari pecinta sampai juga ke para Haters-nya. Opini baik dan buruk keluar ke ranah media sosial, entah sebuah kebenaran atau sebuah hinaan berbalut kebencian. Entah seberapa sensitif mereka terhadap Bike Taste yang mereka coba dan rasakan, yang pasti semua punya rasa dan selera masing-masing.

Perbedaan karakter antar merk mereka masing-masing banggakan. Entah sebuah Fanatisme, pencari sensasi atau seorang bayaran. Semua itu hanya mereka yang tahu mengapa mereka menulis seperti itu. Yang pasti kenyamanan sebuah motor itu tergantung selera masing-masing, karena mereka memilih motor itu sesuai karakter dan kebutuhan dirinya sendiri. Namun hal tersebut kadang kurang Objective, penilaian berbalut Fanatisme seperti membuat doktrin tertentu untuk produk tertentu.

Bosan dan muak dengan komparasi antar brand sudah mulai kita rasakan, mungkin sebaiknya kita komparasikan dengan sesama produk tersebut dengan perbedaan modelnya. Kali ini saya akan membandingkan sensasi dan karakter dari dua jenis R15 yaitu R15 versi lama dan baru. Perbandingan ini sangat Objective dan berdasarkan ekplorasi di atas sirkuit. Simak baik-baik perbedaan sensasi dibawah ini.

YZF-R15 All New YZF-R15
Handling
Easy to ride, sangat lincah dan ringan untuk dikendalikan. Kurang Ergonomis karena posisi Riding sangat Racy. Easy to ride, faktor ukuran ban membuat sedikit lebih berat dari versi sebelumnya. Lebih ergonomis namun tetap stabil.
Aerodynamic
Cukup baik dalam membelah angin, ditambah posisi Riding yang lebih membungkuk mengurangi hambatan yang disebabkan angin. Lebih baik dari versi sebelumnya. All New R15 sudah menggunakan Wind Shield cembung sehingga lebih bisa membelah angin, serta ditunjang Fairing yang lebih aerodinamis.
Maneuverability
Cukup baik, dengan dibekali Delta Box yang membuat motor stabil. Serta dibekali Alumunium Rear Arm yang memiliki bentuk dengan sudut tertentu membuat cengkraman ban belakang sangat baik. Lebih baik dari versi sebelumnya. All New R15 dilengkapi juga dengan Upside Down Suspension pada bagian depan, yang memberikan kestabilan pada roda depan yang lebih mumpuni.
Sprint Line Sentul, di motor no. 1 adalah Mr. Morimoto. President dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
Sprint Line Sentul, di motor no. 1 adalah Mr. Morimoto. President dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
Power
Power standar versi lama hanya mampu melarikan motor sekitar 137 Km/H saat di Track lurus sentul. Dari sisi Power ini versi terbaru sangat terlihat sekali, saya sendiri mencapai kecepatan 152 Km/H saat di Track lurus sentul dengan tinggi badan 177 cm dan berat badan 75 kg.

Opini ini semoga bisa menjadi bahan pertimbangan ketika menjadikan All New R15 sebagai pilihan motor baru anda. Yang pasti, memilih All New R15 tidak malu-maluin untuk dibawa jalan.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s