MENGENAL TEKNOLOGI TRACTION CONTROL SYSTEM LEBIH DEKAT

Traction Control System adalah sistem kendali traksi, secara harfiahnya adalah sebuah sistem yang dapa mengendalikan traksi pada kendaraan bermotor. Traksi sendiri adalah gaya yang diberikan oleh mesin penggerak pada roda supaya dapat bergerak. Artinya, sistem ini dirancang untuk mencegah hikangnya traksi roda saat bergerak atau melaju.

Sistem kerjanya, TCS akan bekerja dengan sendirinya saat masukan gas dan torsi mesin tidak sesuai dengan kondisi permukaan jalan. TCS terhubung dengan sensor yang mendeteksi perputaran kedua roda (Depan dan belakang) dan juga terintegrasi dengan sistem pengereman (ABS – Electronic Brake System) tentu juga terhubung dengan ECU.

Saat terdeteksi ada perbedaan putaran roda depan dan belakang maka TCS akan menghitung dengan cepat kebutuhan pengurangan kecepatan yang disampaikan kepada ECU, sehingga ECU memberikan perintah kepada unit sistem rem elektronik untuk melakukan pengereman secara halus sehingga putaran kedua roda menjadi sama. Atau bisa memerintahkan sistem kerja motor lainnya yang memicu turunnya kecepatan. Hasil dari sinkronnya putaran rida tersebut membuat motor tidak tergelincir sehingga tidak ada perilaku Understeering atau Oversteering.
Saat bekerja TCS akan mengintervensi beberapa sistem, seperti:

  • Perlakuan oengereman secara otomatis pada satu atau kedua roda
  • Pengurangan sistem pembakaran pada silinder mesin
  • Pengurangan pasokan bahan bakar ke ruang pembakaran
  • Jika motor menggunakan Ride By Wire, maka akan langsung menutup kendali gas

Teknologi sudah diterapkan di motor sejak tahun 1988, saat itu BMW K1 yang sudah mengaplikasikannya. TCS awalnya dikembangkan untuk mencegah kendaraan tergelincir atau slip karena jalan bersalju atau ditutupi es. Traction Control System sangat efektif untuk berbagai kondisi jalan licin seperti basah, bersalju atau pun jalan yang ditutupi es. Selain itu TCS digunakan untuk motor atau mobil dengan performa tinggi, sehingga tidak terjadi Spin saat berakselerasi atau juga tidak Slide saat melakukan High Speed Cornering.

TCS ON rampil dalam Display Yamaha XMax

TCS ini sudah teraplikasi pada Yamaha XMax, sebagai motor pionir produksi lokal yang membawa teknologi TCS di Indonesia. Buat yang ingin mendapatkan sensasi kenyaman berkendara kelas tinggi, bisa memilih XMax sebagai teman berkendara sehari-hari atau untuk berjelajah.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s