SEPERTI APA RASANYA SUZUKI GSX-R150? SEGINI LHO TENAGANYA…

Suzuki GSX-R150 memang sedang Booming-booming-nya, hampir di setiap Event motor ini selalu majang di dengan tampilan menarik. Di salah satu Event Tabloid  dunia motor paling akbar di Indonesia, Suzuki GSX juga ikut meramaikan Event tersebut.

Pada kesempatan ini saya mencoba menjajal motor Sport 150cc yang sempat paling Powerful dikelasnya. Walaupun sebentar dan dalam jarak yang relatif dekat, setidaknya sedikitnya saya sudah bisa merasakan tenaga dan sendasinya.

Jika melihat dari segi konstruksinya, motor ini terhitung aneh dan kurus. Motor ini terlalu ramping dan simpel bajunya sehingga terlalu besar celah-celah yang terlihat. Tujuannya mungkin untuk mendapatkan keringanan dan aerodinamis yang maksimal.

Modifikasi Suzuki GSX-Series yang di modifikasi

Saat menaiki motor ini, memang terasa sangat ringan sekali dibanding dua kompetitornya. Saat berada di atas jok, sepertinya posisi jok terlalu tinggi dibanding stang, mungkin karena faktor model stang Underyoke yang lebih rendah dibanding para kompetitor.
Saat memacu motor GSX-R150 ini terasa sekali tenaga untuk akselerasinya. Dengan bobot yang lebih ringan, membuat hentakan Power sangat terasa, apalagi jika dibandingkan dengan R15 V2 dan CBR150RR saat ini. Motor ini juga cukup stabil untuk melaju kencang, posisi Riding yang lebih menunduk membantu kontrol lebih siap.


Saat dicoba bermanuver dengan menggunakan Body Lean, motor ini serasa ingin langsung merebah, atau bisa dibilang terlalu liar untuk merebah. Saya coba untuk memutar dengan stang sampai mentok, motor ini juga seperti kehilangan keseimbangan. Menurut penilaian saya motor ini Maneuverabilty kurang dibanding dua kompetitornya. Faktor jarak Wheelbase yang lebih pendek serta desain Swing Arm dan posisi Rear Suspension mungkin jadi penyebab.

Disisi lain, untuk pengereman motor ini cukup baik. Faktor bobot yang tidak terlalu berat juga cocok dipakai harian dan kondisi lalu lintas yang padat. Kesimpulannya motor ini sangat bertenaga namun dari sisi Maneuverability-nya kurang dibanding pesaingnya. Mungkin butuh waktu lebih lama untuk beradaptasi dan menyatu dengan Handling-nya.

Author: Indonesian Crush

Indonesian Passion Informasi dan korespondensi; e-mail: indonesian.crush@gmail.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s