MELIHAT WINGLET TANAM BARU YANG DIGUNAKAN ROSSI & VINALES

Mengacu pada Technical Regulations FIM 13/09/2016 mengenai Streamlining dan Aerodunamic Devices atau lebih tepat mengatur regulasi pelarangan penggunaan winglet. Winglet atau sejenisnya dianggap memiliki factor berbahaya yang tidak terpediksi, bagi penggunanya atau pengendara lain. Diregulasi ini menetapkan bahwa lebar paling menonjol pada Fairing depan tidak lebih dari 150mm dari garis vertical poros roda depan. Maka dari itu ditahun 2017 ini, MotoGP resmi melarang penggunaan Winglet.

Pengaruh yang cukup signifikan dari Winglet sangat dirasakan oleh banyak Team, termasuk Movistar Yamaha. Maka dari itu, Yamaha melakukan riset besar-besaran dalam pengembangan Aerodynamic Wings. Hasilnya, teknologi penggunaan Air Streamlining ini muncul dengan Design baru. Winglet tanam akhirnya diperkenalkan oleh Team Movistar Yamaha saat latihan awal musim di Sepang kemarin.

Valentino Rossi saat melakukan pengujian Fairing baru yang sudah tertanam Winglet

Hasilnya sangat signifikan, dengan penggunaan Hidden Winglet ini, Team Movistar Yamaha tampil menjadi yang tercepat diwakili Maverick Vinales. Pengaruh yang ditimbulkan oleh Planting Winglet ini memang belum dideklarasikan oleh pihak Movistar Yamaha. Yang pasti, melihat hasil baik yang ditunjukkan oleh Vinales sudah pasti pengembangan Air Streamline pada bagian dalam memberikan pengaruh yang baik.

Maverick Vinales saat melakukan pengujian Fairing baru yang sudah tertanam Winglet

Wajar jika informasi efek dari Hidden Winglet ini belum disebarluaskan, factor kompetitif dan teknologi baru menjadi sesuatu yang bernilai mahal. Progress selanjutnya akan terlihat di sesi latihan pra-musim di Australia, jika kembali menunjukkan hasil positif, sudah pasti Planting Winglet ini sangat berpengaruh. Dan tidak menutup kemungkinan pada latihan pra-musim di Philips Island atau di musim ini beberapa Team juga menggunakan Design Winglet seperti ini. Namun suatu kebanggaan buat Yamaha yang menjadi pelopor teknologi Design ini.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s