SENSASI ISLE OF MAN DI TANAH BANTEN 

Sebenarnya saya tidak kepikiran untuk menulis artikel ini saat akan melakukan perjalanan ini. Namun sensasi yang berbeda sangat diluar prediksi, jalan dengan karakter yang cepat dan melayang, ditemani indahnya pemandangan yang tiada habisnya, membuat perjalanan ini menjadi salah satu perjalanan terbaik yang pernah saya lakukan.

Pemandan Jalur Pandeglang

Pasti anda pernah mendengar dan melihat tentang balapan Time Trial Isle Of Man Tourist Thropy. Balapan yang dihelat di Snaefell Mountain Course, sebuah pulau kecil di lautan Irlandia Utara, memang sangat penuh sensasi. Dengan jalur yang berliku tajam di area pegunungan, dengan kontur tanjakan dan turunan serta pemandangan yang menakjubkan membuat balapan ini berbeda dan mempesona.

Jalur Melalui Perkebunan Kelapa Sawit

Hal itu juga yang saya rasakan saat melalui jalur Lebak menuju Sawarna. Walau saya belum pernah merasakan langsung Isle Of Man, hanya melalui Youtu.be, namun entah kenapa saat melibat jalur itu saya jadi teringat tayangan Isle Of Man, bahkan seperti merasakan sensasi yang sama.

Pemandangan Perbukitan Yang Memukau Sepanjang Jalur Lebak – Sawarna

Jalur yang diluar dugaan, karena saya pikir banyak jalan rusak dan lubang yang sangat dalam seperti cerita yang saya dengar sebelumnya sampai saya melepas Under Cowl motor saya untuk mengantisipasi hal tersebut. Namun ternyata semua berbeda jauh, dari sekitar 160 kM jarak tempuh yang dilewati, mungkin hanya sekitar 15 kM saja jalan yang rusak. Namun jalan tersebut sedang proses pengecoran beton, mungkin tiga bulan lagi jalur Rangkas ke Sawarna ini akan sempurna.

Hamparan Tanaman Salak Yang Indah

Start jam 05:00 pagi dari Rangkas, saya dan kedua teman saya, Petruk & Gareng, sempat kecewa karena jembatan penghubung sedang perbaikan dan ditutup sehingga kami harus memutar melalui Pandeglang. Walau harus memutar namun jalur ini tidak mengecewakan, walau dengan aspal yang kasar dan sedikit rusak dan lebar jalanan hanya sekitar 6-8 meter tidak menjadi masalah untuk bermanuver. Hanya saja kecepatan kurang bisa dimaksimalkan, bermanuver disekitar kecepatan 50-70 kM/H.

Pemandangan Perkebunan Yang Menawan

Setelah berjalan sekitar 30 menit, kami menemui jalan yang lebih besar dengan lebar 12-14 meter. Hanya saja jalan ini bukan aspal, tapi jalan coran beton. Dijalur ini, kecepatan bermanuver bisa dipacu sekitar 60-80 kM/H. Jalur ini mempunyai beragam tipe tikungan, mulai dari sudut putar kecil, sedang sampai besar. Dengan kontur yang rata, menanjak sampai naik turun, ada beberapa spot yang membuat motor melompat. Jalur ini cukup lengkap, sehingga memberikan sensasi layaknya balap Isle Of Man.

Hamparan Sawah Yang Mengagumkan

Dengan fokus yang tinggi dan kemampuan Riding yang lumayan, pasti yang melintas dijalur ini pasti puas merasakan kenikmatannya. Dibutuhkan juga motor yang mempunyai Maneuverabilty yang baik serta kondisi ban yang masih mennggigit. Kami bertiga menggunakan motor Yamaha YZF-R15, kemampuan motor ini bermanuver sangat baik, hanya saja ban yang kami gunakan sudah keras Compound-nya dan kurang menggigit, yang membuat kami kurang puas melahap jalur ini.

Hamparan Sawah Yang Mengagumkan

Bukan hanya kenikmatan bermanuver yang didapati, tapi pemandangan indah nan rupawan serta segarnya udara bersih kami nikmati selama perjalanan. Mulai dari persawahan, perkebunan karet, perkebunan salak, pohon-pohon besar nan rindang layaknya hutan menjadi santapan utama jalur ini. Sungguh kepuasan berkendara yang sulit didapati. Sauangnya, karena kurang persiapan tidak bisa diabadikan dengan Action Cam. Buat pecinta Touring silahkan mencoba jalur ini dan rasakan sensasinya. Apalagi jika anda rencanakan 2 atau 3 bulan kedepan, jalur ini sudah dalam kondisi bagus dari awal sampai akhir. Silahkan mencobanya guys…

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s