Automotive Gears New Automotive Item

APA SAJA KEUNGGULAN UPSIDE DOWN SUSPENSION?

2015_Kawasaki_Ninja-650_3_high_

Rame berdebat tentang suspensi upside down yang dikeluarkan oleh Yamaha dalam varian terbarunya dikelas 150 cc. Banyak yang bilang terlalu berlebihan untuk kelas motor sport dengan CC kecil tersebut. Ada juga yang bilang itu suspensi upside down variasi hanya untuk gaya-gayaan dan mendongkrak popularitas.

NVA XABRE

Mari kita analisa sedikit lebih jauh tentang Upside Down Shock Absorber. Upside Down Suspension atau ada yang menyebutnya Inverted Fork Suspension memiliki beberapa kelebihan yang di hasilkan dari segi designnya sendiri. USD ini di design dengan tujuan untuk menyempurnakan design dari konvensional yang di anggap masih mempunyai kelemahan dalam proses peredaman. Memang tujuan awal dari dibuatnya USD ini ditujukan untuk menahan faktor beban yang tidak biasa, baik karena kontur jalanan maupun kecepatan.

Apa saja yang bisa diberikan oleh diberikan oleh USD ini? Ya… Tentu saja kekakuan, kestabilan dan handling. Kenapa semua itu bisa diberikan oleh Inverted Fork? Berikut sedikit penjelasannya.

  1. Menurunkan factor beban yang diberikan saat melewati rintangan ataupun pengereman. Karena kompresi balik tekanan tabung dari Fork Legs dan body motor terbagi oleh posisi tabung cartridge yang berada di atas.Defleksi
  2. Ukuran tabung cartridge USD mempunyai panjang dan diameter yang lebih besar dibanding shock konvensional. Sehingga memberikan kemampuan redaman yang lebih besar dan memberikan ruang gerak slider tube lebih jauh.
  3. Posisi tabung cartridge di atas yang menempel langsung pada stang mengurangi beban saat melakukan belokan, dibanding posisi tabung cartridge dibawah memberikan beban lebih.Handling

Dari penjelasan di atas menunjukkan bahwa USD menghasilkan kekakuan yang lebih dari shock konvensional, sehingga dapat memberikan kestabilan saat menikung, dan juga membuat kontrol stang (Handling) lebih ringan atau mudah dikonrol.

Note: Berbagai sumber
Advertisements

One comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s